Pilkada.....

Hei....Sekarang gw pengen sok ngomongin politik nih. Kan negeri kita lagi sibuk dengan Pilkada nih, nah....gw pengen nanya sejauh mana kontribusi lo dalam pilkada. Terlebih lagi kita melewatkan hampir setahun ini diluar kota asal kita. Lo tahu gak sih tentang calon" walikota di kota lo? Klo gak tahu berarti sah" aja donk klo kita gak ikut nyoblos?
Klo gw pribadi, gw gak bakal mau nyoblos klo gw emang gak tahu tentang latar belakang + visi n misi tuh calon. Emang sih kita musti nyari, tapi itu kan kewajiban mereka juga buat ngasih informasi ke kita. itu kalo mereka emang berniat baik buat jadi walikota...
Salah satu berita yang gw baca menyebutkan bahwa mayoritas pemilih di kota Depok memilih golput. Nah, karena gw sekeluarga berasal dari daerah terpencil di selatan Jakarta dan di uata Bogor ini, gw jadi ngebahas ini ma ortu gw. Bokap bilang
"Mereka udah terlanjur apatis. Siapapun walikotanya bakal sama aja", kalo nyokap
"Calon-calonnya juga gak ada yang dikenal."
Jadi... Salah siapakah ini? Salah warga yang tidak mencari tahu atau salah para calon yang kurang mensosialisasikan dirinya.
Terus..yang gw lihat di TV, banyak daerah" yang mengalami masalah dalam pelaksanaan Pilkadanya. Terutama saat penghitungan suara. Banyak kecurangan yang terjadi selama pelaksaan Pilkada -paling gak, banyak tuduhan bahwa terjadi banyak kecurangan-.
Jadi...Apakah rakyat Indonesia sudah siap untuk hidup dalam negara demokrasi, yang ditandai dengan adanya pemilu-pemilu langsung. Atau seperti yang sering dikatakan, bahwa kita.... Masih belajar berdemokrasi.
Nb: Gw sekeluarga gak nyoblos tuh...Bukan karena kita apatis atau gak kenal calonnya. Tapi gara" kita lagi gak di Depok waktu pilkada berlangsung.Jadi, maaf ya kalo gw sekeluarga telah mengurangi jumlah suara di Kota Depok

4 comments:

ikram said...

Sayang Jof lo nggak milih.
Badrul lagi dong ah :)

ikram said...

Oh ya, pemberitahuan. Blog lo gua link lagi, setelah sempat tidak. Kan udah aktif lagi.

ikram said...

Buat semuanya.

Jofa, Irfan, dan saya punya walikota baru.

Nurmahmudi Ismail.

GPS said...

ga jadi punya walikota baru ya kram?

ah.. depok cupu..

(kaya tangerang ga aja..)