Melihat dari 2 sisi

Membaca buku Five People You Meet in Heaven dan berita di Kompas soal Israel-Palestina membuat gw pengen ngebahas konflik Israel-Palestina dari sisi yang berbeda.
Selama ini kita -terlebih umat Islam- melihat konfil tersebut sebagai bentuk penjajahan Yahudi terhadap umat Islam, dan bom bunuh diri yang dilakukan adalah sebuah perjuangan menuju Syahid.
Coba sekarang kita ubah sudut pandang kita sedikit....Bayangkan lo seorang petani Israel yang pulang dari sawah hanya untuk menerima kabar bahwa anaknya telah meninggal. Terkena ledakan bom bunuh diri di sebuah pasar di salah satu kota di Israel. Apa yang bakal lo rasakan? Marah? Sedih? Dendam? Hal yang terakhir ini akan mendorong lo -ingat,lo lagi berpikiran sebagai orang Israel- untuk membalas dendam kepada orang Palestina. Dan kemudian Palestina akan kembali membalas dengan sebuah bom bunuh diri. Dan terus berulang...Hal inilah yang membuat konflik Israel-Palestina tidak akan selesai.
Orang Palestina menganggap apa yang mereka lakukan adalah jihad, dan apa yang dilakukan Israel adalah penjajahan.
Orang Israel menganggap apa yang mereka lakukan adalah sebuah tindakan membela diri, dan apa yang dilakukan Palestina adalah tindakan terorisme.
Siapa yang salah? Hanya Tuhan yang tahu...gw pernah baca quote ini di sebuah komik
"Dendam hanya akan membawa dendam yang lain"
Jadi selama kedua rakyat masih dipenuhi dendam, Insya 4JJ1 konflik itu gak bakal selesai.
Bicara soal bom bunuh diri, gw pribadi kurang setuju dengan bom bunuh diri. Sepanjang itu hanya mengincar tentara" Israel aja sih gw masih setuju, tapi kalau sudah memakan korban lain. Anak-anak tidak berdosa yang menjadi Yahudi karena orang tua mereka adalah Yahudi. Gw tidak setuju!
Bukan...Gw bukan aktivis Pro-Israel atau pendukung Yahudi. Gw cuma pengen kita memandang konflik ini dari sudut pandang lain. Selanjutnya, terserah anda....
Buat tambahan, sebelum berdiri negara Israel, selama ratusan tahun orang" Yahudi adalah orang" yang dimusuhi di seluruh dunia dan menjadi warga kelas 2. Anda tentu masih ingat bahwa selama PD II, Jerman dibawah pimpinan Hitler membasmi jutaan warga Yahudi. Seperti orang" tua bilang, hidup ini bagaikan roda. Jadi mungkin sekarang waktunya Yahudi berada di atas setelahnya sebelumnya mereka selalu berada di bawah. Yah...Tapi emang sih bangsa Israel -atau Yahudi tepatnya- itu penjajah yang telah membuat koloni di negara Palestina sejak puluhan tahun silam.

1 comment:

Batari Saraswati said...

bagus kan buku Five People You Meet In Heaven nya....
Btw, sekarang buku itu ilang, ga tahu dipinjem siapa...