Gerakan Mahasiswa....

Membaca Gie mengingatkan gw tentang gerakan" mahasiswa yang akhir" ini sering terjadi. Entah kenapa gw merasa mahasiswa sekarang hanya sekumpulan orang" yang banyak maunya dan terlalu menuntut. Kayak anak manja! Mereka seakan gak pernah puas akan kinerja pemerintahan, apa mereka pikir ngurus negara itu gampang?
Di catatannya Gie, disebutkan suatu peristiwa dimana presiden Soekarno menantang bagi mahasiswa yang berhasil menurunkan harga dalam waktu *gw lupa berapa....* akan diangkat menjadi menteri. gw pengen usul ke bapak SBY, coba dia tantang mahasiswa yang bisa menurunkan harga dalam waktu 100 hari -sama dengan waktu yang dulu merela berikan pada SBY- gw ragu ada yang bakal menyanggupi tantangan itu. Karena mahasiswa sekarang hanya segerombolan orang" yang penuh dengan teori yang sudah merasa sangat pintar dan hebat hanya karena sudah membaca sejumlah buku.
Gw ragu apa kalau mereka sudah duduk di pemerintahan, mereka akan melakukan apa yang sekarang mereka tuntut. Bokap gw pernah bilang
"Coba lihat tuh mahasiswa yang dulu waktu reformasi pada ribut, sekarang pada diem aja kan?! soalnya mereka udah ngerasain gimana enaknya duduk di pemerintahan!Soalnya udah pada dapet jatah kursi...."
Uang bisa mengubah siapapun bung.....
Gw juga gak suka sama mahasiswa yang demo dengan membawa embel" almamater ataupun organisasi tertentu. Kalau mereka emang demonstrasi atas nama rakyat, gak perlu itu jaket almamater. karena setahu gw rakyat Indonesia gak pernah bikin jaket almamater! ngapain juga bawa bendera n lambang ForKot, Kami atau apapun itu. klo emang mereka membawa nama rakyat bawa donk bendera merah putih sama burung garuda! Gw gak tahu alasan mereka membawa nama almamater, apa mungkin mereka takut rakyat tidak mendukung mereka kalau asal mereka tidak jelas?apakah nama UI, ITB atau UGM akan membuat rakyat bersimpati dengan mereka? TIDAK!!!
Rakyat akan simpati kalau apa yang mereka suarakan memang suara rakyat, suara seluruh rakyat Indonesia bukan suara segelintir rakyat. rakyat akan bersimpati kalau demonstrasi mereka tidak menyusahkan yang lain. mereka pada sadar gak sih, kalau mereka long march dan memblokir jalan" itu ada berapa ribu rakyat yang gak bisa kerja, ada berapa ribu rakyat yang akan kehilangan penghasilannya hari itu?! Dan mereka masih berani membawa" nama rakyat?!

Hmph....sori deh klo ada yang ngerasa tersinggung sama tulisan gw ini, gw udah mulai muak aja sama semua gerakan mahasiswa itu.

3 comments:

Batari Saraswati said...

berapi-api sekali jof.. gw pinjem dong bukunya.

18november said...

gara2 ada filmnya ni buku jadi terkenal bgt! Masa di bedah bukunya yg di Surabaya orang2 malah moto2in Niko..

ikram said...

Jangankan itu. Bukunya yang dicetak ulang itu, sampul depannya kan Nicholas Saputra. Belakangnya baru si adiknya Arief Budiman yang mati muda itu (adiknya yang mati muda, bukan si Arief).

Namanya juga orang dagang.

Hah, lo udah muak Jof? Already? Baru naik tingkat dua? Walaaaah.