Art of War

Judul di atas bukan berarti aku ingin membahas strategu-strategi perang dari Sun Tzu, juga bukan ingin membuat resensi dari buku Niccolo Machiavelli. Aku hanya ingin membahas kesenanganku akan perang. Bila orang lain memandang perang sebagai arena biadab tempat orang-orang mati dengan sia-sia, aku melihat perang sebagai sebuah arena terhormat tempat orang membuktikan siapa yang benar dan siapa yang salah.
Memang perang hanya akan menghasilkan kebenaran bagi sang pemenang, tapi kebenaran yang lain dapat muncul dari sisi pandang para "penonton perang". Hal yang aku suka dari perang adalah disana dapat menjadi ajang dari pembuktian kekuatan tidak hanya kekuatan suatu daerah namun juga kekuatan seseorang. Bukan hanya kekuatan fisik namun juga kekuatan pikiran dan mental.
Sering terjadi dalam sejarah peperangan, suatu bala tentara yang berkekuatan jauh lebih sedikit dapat mengalahkan pasukan yang jauh lebih besar karena mereka memiliki panglima yang cerdas dan pasukan yang memiliki mental "juara". Sejarah mencatat nama-nama besar seperti Jenghis Khan, Julius Caesar, Alexander, Napoleon sebagai pemimpin-pemimpin yang tidak hanya berhasil memenangkan puluhan perang tapi juga memenangkan perang tersebut dengan penuh taktik yang gemilang. Mereka adalah orang-orang yang ahli dalam strategi perang dan juga memiliki karisma yang besar sehingga bisa mengumpulkan pasukan yang berani berkorban demi mereka ataupun bangsa mereka. Pemimpin seperti inilah yang dibutuhkan negara-negara modern saat ini, pemimpin yang tidak hanya memimpin namun juga mendekati para pengikutnya sehingga mereka percaya akan keputusan-keputusan si pemimpin dan kemudian melaksanakan keputusan tersebut dengan sepenuh hati.
Perang juga dapat menjadi ajang pembuktian kekuatan mental seseorang. Tidak jarang dalam peperangan seseorang beralih pemimpin atau aliansi karena bujukan uang atau kekuasaan. Hal ini tidak hanya terjadi di medan perang, bahkan di dalam suatu perusahaan ataupun negara. orang-orang seperti inilah yang kelak akan menghancurkan suatu bangsa.
Pada intinya aku hanya ingin mengatakan bahwa bahkan dalam suatu kondisi yang paling buruk skalipun masih banyak hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambilo dan kita implementasikan dalam berbagai hal, yang bahkan tidak kita kira sebelumnya

1 comment:

Ade Nirmala said...

You should feel the way that I feel right now..I know there is something inside of this will makes me stronger than before..But can you just keep pray for me?

Miss u so much Jo..
-Ur sister-