Nonton Bola....

Kemaren gw ngeliat JakMania...tumblek blek diatas belasan angkot,bus, dan kendaraan pribadi. Mulai dari abang-abang preman pulogadung, ampe anak-anak usia Playgroup.

Kata nyokap gw,
“Gak pada takut jatoh apa ya…”

Kata nyokap gw lagi,
“Kok pada mau-mauan ya…”

Klo kata bokap gw,
“Itu namanya pelampiasan, udah pada stress ngadepin kehidupan di Jakarta. Kan enak tuh klo nonton bola, bisa teriak-teriak,lempar-lemparan,gebuk-gebukan.”

Hmm…emang anak kecil udah bisa ngerasa stress ya?
Emang sih pendapat bokap gw itu ada benernya. Orang kalo lagi stress kan bawaannya marah-marah mulu. Gw aja kalo internet lagi lemot bawaannya pengen ngelempar laptop, untung mahal…..jadi wajar aja kalo tuh orang-orang stress pada seneng nonton bola. Soalnya yang namanya nonton bola di Indonesia pasti dapet bonus game lempar botol, kayu, ama bom Molotov.

Tapi tetep aja gw ngerasa gak bener kalo cara pelampiasan stressnya sampe menjurus ke anarki dan ngerugiin orang lain. Stressnya sih hilang, tapi kan dosa jadi nambah plus bikin stress orang lain. Gw juga kalo lagi nonton bola pasti bawaannya tereak-tereak, trus kalo tim jagoan gw kalah pasti mukul-mukul lantai. Tapi gak pernah tuh gw ampe mukul temen sebelah gw, walaupun dia ngedukung Milan.


Yah…impian gw suatu saat nanti penonton Indonesia bisa di kayak di Inggris, tentu saja tanpa hooligannya, dimana orang-orang bersorak sepanjang pertandingan, tanpa merasa perlu melemparkan sesuatu (secara fisik). Penonton bisa merasa aman, gak perlu takut kena lempar. Pemain pun bisa bermain dengan tenang. Kalo kayak gitu kan menonton bola langsung di stadion bisa menjadi hiburan yang aman dan menyenangkan, bahkan bagi keturunan hawa. Pastinya Indonesia juga gak bakal mungkin kena sangsi dari AFC, ato dari PSSI kalo penontonnya aman, tertib, dan terkendali

No comments: