Story behind my blog's name

Kenapa nama blog gw Anak Seribu Pulau?
Kenapa nama account gw Anak Indonesia?

Dari kecil gw paling gak suka kalau ditanya "Lo orang mana?" atau "Lo asli mana?". Spontan gw pasti menjawab "Orang Indonesia". Entah kenapa gw gak terlalu suka menonjolkan kesukuan gw. Pertama,mungkin karena gw juga bingung mau sebut diri gw suku apa. Kedua, karena gw gak suka menggolongkan diri gw dalam suatu kesukuan tertentu. Memang kita harus mempertahankan keragaman budaya kita. tapi apakah kita juga harus bersikap chauvinis terhadap suku asal kita?

Gw jadi ingat, di kampus gw banyak unit-unit kesenian dari berbagai daerah di Indonesia. Beberapa membuka diri secara bebas tanpa melihat daerah asal calon anggotanya, yang lain menutup diri khusus untuk orang asli dari daerah mereka. Hmpf.....gw gak tahu mereka ingin menjadi kelompok yang eksklusif atau hanya untuk menjaga kekerabatan saja.

Yang jelas gw gak suka buat memproklamirkan kesukuan gw. Gw bangga dengan hanya menyebut diri gw Orang Indonesia.

1 comment:

galihisme said...

salam. lebih bagus lagi, bahasa lo guwe diganti dengan kamu saya. meskipun anda bilang anak seribu namun bahasa tersebut bagi saya malah mencoreng pulau tersebut. menurut saya bahasa tersebut adalah bahasa anak kota yang sok gaul dengan gaya hedonisme.kalau anda memakai pulau seribu maka sesuaikanlah.